MediumPos
Untuk Ummat Kami Sampaikan

Evaluasi Pejabat Tinggi Pratama: DPRD Beri Bahan Pertimbangan untuk Gubri

MP, PEKANBARU – DPRD Riau diam-diam melakukan evaluasi terhadap kepala organisasi pemerintah daerah (OPD) Pemerintahan Provinsi (Pemprov).

Kali ini evaluasi dilakukan terhadap Pejabat Tinggi Pratama (PTP), yang dipimpin Ketua Tim Evaluasi Prof. Dr. H. Ashaluddin Jalil, MS.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau yang membidangi Hukum dan Pemerintahan Eddy A. Mohd Yatim kepada Medium Pos, Rabu (18/1/2023). Namun dia mengoreksi hal itu bukan evaluasi melainkan meminta masukan kepada anggota dewan.

“Bukan evaluasi, tetapi meminta masukan dari teman-teman komisi terkait kemampuan leadership, penguasaan tupoksi dan program pimpinan OPD yang menjadi mitra kerjanya,” jelasnya.

Menurut Eddy Yatim, Komisi I hanya bersifat memberikan pertimbangan saja sebagai second opinion.

“Memang ini merupakan hak prerogatif Gubernur. Namun sebagai unsur pemerintahan daerah, kita dari DPRD memberikan bahan pertimbangan saja. Karena kawan-kawan komisi yang selalu berinteraksi dengan kepala OPD dalam penyusunan program, pelaksanaan dan evaluasinya. Tentu mereka memiliki catatan terhadap kinerja pimpinan OPD tersebut,” bebernya.

Sejauh ini, tambah Eddy Yatim, sudah semua komisi memberikan catatan kepada Komisi I. Komisi I, kata Eddy Yatim lagi, juga sudah melakukan diskusi tahap satu dengan Tim Evaluasi yang diketuai Prof. Dr. Ashaluddin Jalil.

“Setelah bahan yang terkumpul semua, kami akan melakukan diskusi kembali dengan Tim Evaluasi. Ini sifatnya masukan-masukan. Tujuannya untuk membantu Pak Gubernur agar dalam menyusun tim kerjanya. Kami berharap penempatan PTP yang ada nantinya mampu mendorong tercapainya visi dan misi Gubri. Waktunya sudah sangat mepet, jadi harus memposisikan orang yang tepat dan kredibel,” tutup Eddy Yatim. * (DW Baswir)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.