MediumPos
Untuk Ummat Kami Sampaikan

Himmah Riau Desak Kejati Usut Tuntas Dugaan Suap IMB Tower Sekdako Pekanbaru

MP, PEKANBARU – Puluhan demonstran yang tergabung dalam dalam Himpunan Mahasiswa Al Wasliyah (Himmah) Provinsi Riau mendesak pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) untuk mengusut dugaan korupsi berupa suap yang dilakukan Sekretaris Kota (Sekdako) Pekanbaru M Jamil.

Desakan itu disampaikan Kordinator Lapangan (Korlap) Aksi Himmah Riau Muhammad Alwi saat berorasi di gerbang masuk kantor Kejati Riau, Kamis (6/10/2022).

Disebut Alwi, dugaan kasus korupsi suap dalam memberikan izin IBM Tower dilakukan M Jamil saat yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Pekanbaru, tahun 2019.

Dalam selebaran yang berisi aspirasi para pengunjukrasa dibeberakan uang tersebut ditransfer oleh PT Era Liardy ke rekening pribadi Kasi di Bidang Pelayanan Satu Pintu, inisial F. Uang tersebut diduga mengalir kepada rekening pribadi MJ.

Disebutkannya, uang suap itu mengalir dari MB Tower PT Inti Bangun Sejahtera (IBS) ini merupakan anak perusahaan Sinar Mas yang mengurus serta mengelola. PT Era Liardy yang ketika itu IMB Tower diurus pada tahun 2019 sebanyak 9 buah.

Kemudian syarat IMB sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru pekerjaan tersebut seyogyanya memakai sertifikat, akan tetapi dilanggar dengan memakai Peta Bidang.

Selain mendesak Kejati, massa Himmah Provinsi Riau juga meminta Pj Walikota Pekanbaru Muflihun untuk mengevaluasi dan mengganti Sekdako M Jamil.

Puluhan massa ini kemudian diterima oleh Kasi Penkum dan Humas Kejati Riau, Bambang Herupurwanto S.H M.H. Kepada pengunjukrasa Bambang mengapresiasi mereka karena menyampaikan apresiasi secara tertib dan meminta agar mahasiswa mempedomani Peraturan Pemerintah (PP) 43 Tahun 2018 terkait peran serta masyarakat dalam tindak pidana korupsi.

Oleh sebab itu, Bambang mempersilahkan perwakilan pengunjukrasa di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kejati Riau.

Di kesempatan terpisah, Sekdako Pekanbaru M Jamil yang dikonfirmasi Medium Pos melalui pesan WhatsApp (WA) belum memberikan jawaban. * (DW Baswir)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.